Subscribe:

Sabtu, 21 Januari 2012

KOPI - Minuman Andalan Penghindar Berbagai Penyakit (Believe It or Not)

Siapa yang tidak minum kopi ? Apakah Anda takut dengan pendapat orang lain yang mengatakan bahwa KOPI berbahaya bagi kesehatan ? Sebenarnya, asalkan dikonsumsi secara benar, kopi dapat bermanfaat bagi kesehatan. Mau tau ? Berikut penjelasannya.

Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi. Kata KOPI berasal dari bahasa Arab - qahwah - yang berarti kekuatan, karena awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Beberapa perubahan nama terjadi sampai kemudian berubah lagi menjadi koffie (Belanda). Penggunaan kata koffie diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata KOPI.
Kopi terkenal dengan kandungan kafeinnya yang tinggi. Berbagai efek kesehatan dari kopi pada umumnya terkait dengan aktivitas kafein di dalam tubuh. Efek ini biasanya baru akan terlihat beberapa jam kemudian setelah mengonsumsi kopi. Peranan kafein di dalam tubuh adalah menjaga dan memberikan peningkatan energi. Berikut disajikan kandungan kafein dalam beberapa minuman kopi. 
  • Kopi Instan = 2,8 - 5,0%
  • Kopi Moka = 1,00 %
  • Kopi Robusta = 1,48%
  • Kopi Arabika = 1,10%
Berikut ini adalah beberapa manfaat minuman kopi. 
  • Kafein dalam kopi membantu orang yang minum kopi bisa berpikir lebih cepat. Selain pada kopi, kafein juga ditemukan dalam teh, minuman berenergi, cokelat, cola, maupun obat-obatan. Menurut beberapa sumber, kopi terbukti dapat mempercepat respon pada pengolahan memori otak. 
  • Kopi mengurangi sakit kepala. Beberapa peneliti menemukan bahwa kafein dalam jumlah yang cukup bisa mengurangi sakit kepala. 
  • Cobalah untuk meminum kopi sesaat setelah Anda mengkonsumsi makanan-makanan manis yang dapat membuat gigi berlubang. Beberapa peneliti menjelaskan bahwa kafein ternyata sangat tangguh memberantas bakteri penyebab gigi berlubang. 
  • Kopi dapat menambah tenaga dalam tubuh yang membuat kita tidak cepat lelah. Kopi juga membuat kita segar dan energik. 
  • Perempuan yang meminum dua cangkir kopi per hari dapat mengurangi resiko pengeroposan tulang (osteoporosis). 
  • Kopi mengurangi resiko diabetes, stroke, kanker, dan parkinson. 
Bagaimana ? Anda masih kurang percaya dengan KOPI ? Sebaiknya, coba dulu !
Beberapa efek negatif yang muncul dari kopi ada karena kita salah dalam mengkonsumsinya. Misalnya terlalu banyak meminum kopi dan membuat minuman kopi dengan komposisi gula yang banyak. Anda sendiri yang bisa mengaturnya. 

NB : Setiap hari saya minum kopi. Bagaimana dengan Anda ?

21 komentar:

Asep Saepurohman mengatakan...

Saya juga suka dengan kopi. Tapi tidak terlalu sering :D

OTRL mengatakan...

kopi kan pait -_-

suci nabbila mengatakan...

kopi juga bisa bikin 'nagih' lho. dan dulu dari 1 gelas lama2 nagih sampe bisa minum 5-6 cangkir sehari. efek sampingnya setiap ga minum pasti pusing luar biasa. sejak dimarahin banyak pihak ga berani lagi deh minum kopi banyak2 hahaha.

Kaito Kidd mengatakan...

saya minum yakult :p

wkwkwkwkwkwkwkwk emang sih kalo over tuh ga baik buat kesehatan hehehehe

Uswah mengatakan...

sehari aku bisa menghabiskan 3 sampai 6 kopi kental pait.. tema blogQ juga tentang kopi.. i love kopi...

'Kaito' Pasca Driyarkara mengatakan...

@Asep Saepurohman :: muuaanntaaff.... itu yg bener... jgn trlalu sering... ^_^

@OTRL :: wuuoo... kopi tuu maniis... kamu tuh yg pait.... :-P

@Suci Nabbila :: wwoo... emang siih banyak yg bilang gitu.... tapi selama ini, sy blm prnah ketagihan.... syukuurlah.... tapi, klu bisa sampai 5-6 cangkir, ya emang itu kelebihan.... ^_^

@Kaito Kidd :: yakult ?? yakult rasa kopi ?? ahhahahaa.... kalo over minum yakult juga ga baik... ahhahaha...

Uswah mengatakan...

eh, kopi kok gambarnya kayak teh ya?

OTRL mengatakan...

songong banget ni anak kecil -__-

'Kaito' Pasca Driyarkara mengatakan...

@Uswah :: wuuaahhahahaaa..... iya jg siih... baru sadar.... mgkn krna efek lash dari kamera mbak.... aahhahahahaa.... ^_^

@OTRL :: songong ??? lebih songong siapa ?? saya atau Anda, TANTEE ?? :-P

akhsa nant mengatakan...

wah ane ga trlalu suka dengan kopi sob...lebih suka num teh..:)

tapi info yang menarik nih...^_^


oya NB: kalau mau ambil burung-burung kertasnya silahkan datang kerumah ane...ckckckc :P

'Kaito' Pasca Driyarkara mengatakan...

@akhsa nant kalau saya biasanya gantian... kadang2 kopi... kadang2 teh.... tapi lebih sering kopi.... minuman dari kampung halaman....

Kampung Karya mengatakan...

saya jarang minum kopi sekarang. memang, segala sesuatu yang dikonsumsi secara pas akan berdampak baik

blogwalking sore

Stupid monkey mengatakan...

kopi memang mantab, mas broo, ngopi dulu ah, sruput ^___^

'Kaito' Pasca Driyarkara mengatakan...

@Kampung Karya :: aahhahaha... iyaa.. iyaa... pas-pas.... ^_^

@Stupid Monkey :: marii minuuum.... kuenyaa ??? ^_^

Stupid monkey mengatakan...

iya, kuenya mana sob, tapi itu kopi apa teh,?? "gaaruk pala"

Kaito Kidd mengatakan...

Stumoooooon. . .itu teh kopi. . .stumon stumon kopi kok dibilang teh. . .wkwkwkwkwkwkwkwk

Nurmayanti Zain mengatakan...

wahh, aku tak suka kopi
~gak manis sih, pas

Tiyo Harwin mengatakan...

enak banget minum kopi, apalagi kalo bisa ngindari dari penyakit, tapi kalo kebanyakan mala jadi penyakit gan ..
salam kenal gan ..
kalo ada waktu luang singgahi blog saya..
coment and follow ..
http://peluru-tajam.blogspot.com
ane nunut parkir gan

'Kaito' Pasca Driyarkara mengatakan...

@StuMon :: yaah... sprt kata Kaito Kidd, itu teh kopi... ^_^ .... tapi, bisa diatuurlaah.... kalo mau jadi kopi, tinggal pencet tombol hijau... kalau mau jadi teh, tinggal pencet tombol merah...

@Kaito Kidd :: aahhahahaa.... soalnya itu kopi ajaib mas broo.... ^_^

@Maya :: gaampaang tu.... tinggal ditambahin gula... ^_^
@Tiyo Harwin :: iyaa... bener2 enak.... oke... langsung ke TKP ^_^

jiah al jafara mengatakan...

tidak tergodaaa~
ngga suka kopi :p

'Kaito' Pasca Driyarkara mengatakan...

@Jiah Al Jafara :: aah... masa gak tergoda sama wanginyaa.... rasaanyaa.... nikmatnyaa.... hangatnyaa..... enak lhoo.... rugi gak minum kopi.....

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar di sini. Terima kasih.

Ayat Alkitab Hari Ini

 
1. A7X - Warmness In The Soul 2. D'Bagindas - Maafkan 3. Judika - Aku Yang Tersakiti 4. Agnes Monica - Rindu 5. Winda - Kutemukan Penggantinya 6. Cinta Kuya - Mimpi Terindah 7. Super Girlies - Aw Aw Aw 8. Kerispatih (versi Sammy) - Aku Harus Jujur 9. Radja - Seandainya 10. ST12 - Kepedihan Jiwa 11. Mr. Big - Just Take My Heart 12. O.M.S. - Curhat 13. Iniaku Band - Jangan Teteskan Air Mata 14. Vidi Aldiano - Lagu Kita 15. Toni Braxton - Unbreak My Heart 16. Princess - Jangan Pergi 17. OVJ - Kite Lagi 18. Mulan Jameela - Aku Cinta Kau dan Dia 19. Lyla - Detik Terakhir 20. Pasca Driyarkara - Just Enjoy It