Subscribe:

Rabu, 16 November 2011

PE-ER-ES-DE (Tulisan Berantai)

sambungan tulisan berantai dari M A Y A - Kemilau Cahaya Emas . . . . 
dibuat sebagai PR (katanya) . . . .


Kisah ini dimulai pada 11 tahun yang lalu...


Bermodalkan bisa BACA-TULIS-HITUNG sejak TK, saya masuk ke salah satu sekolah dasar yang termasuk favorit di kampung halamanku, Ruteng, Flores. 

Haah ? Flores ? Apa yang pertama kali Anda pikirkan ketika mendengar Flores ?

Ya, begitulah. Daerah sederhana, dengan perkembangan yang belum maju, di sana-sini hanya ada hutan, gunung, sungai, dll. Tapi itu agak sedikit berbeda kalau dibandingkan dengan di kota Ruteng. Daerah ini sudah termasuk kota yang lebih maju dibandingkan dengan daerah-daerah di sekitarnya. Tata kota sudah agak rapi. 
Di kota inilah saya dibesarkan sejak TK sampai SMA. Berawal dari TK (di TKK Inviolata Ruteng), saya melakukan wajib belajar awal di sekolah dasar (di SDK Ruteng V). Sekolah ini sekarang sudah masuk dalam salah satu sekolah berstandar Internasional di Indonesia. 

Anda heran ? Tidak percaya ?

JANGAN HERAN ! Banyak siswa-siswi dari sekolah ini yang mengikuti berbagai lomba-lomba bahkan Olimpiade bertaraf Internasional. Mungkin itu yang menjadi faktor SD ini disahkan berstandar Internasional. 

Seperti anak SD lainnya, seragam MERAH-PUTIH melekat pada tubuh mungil siswa-siswi SDK Ruteng V ini; termasuk saya. 
    Senin-Selasa :: Seragam Merah-Putih; 
   Rabu-Kamis :: Seragam Pramuka; 
   Jumat-Sabtu :: Seragam Sekolah (Biru-biru). 

Inilah yang masih terbayang jelas dalam pikiran alumni-alumni Ruteng V ::

# GURU FAVORIT
Rata-rata semua guru yang mengajar di SDK Ruteng V sewaktu masaku SD, jadi favorit semua di kalangan murid-muridnya. Entah sekarang sudah jadi seperti apa ? Guru-guru kami waktu itu, sering membawa nama baik SDK Ruteng V di mata penduduk sekitar dan Indonesia. Setiap ada lomba-lomba di daerah, SDK Ruteng V pasti mengikutinya, dan biasanya masuk 3 besar lomba tersebut. 


# GURU YANG KHAS (pasti diingat oleh semua alumni yang diajarnya)
Guru ini adalah guru yang memiliki karakter sendiri. Waktu itu, dia mengajar Pendidikan Agama Katolik dan Bahasa Indonesia. Hayo, yang alumni SDK Ruteng V pasti mengenalnya. Ya, dialah Ibu Benedikta Dudet (Ibu Dita). Tiap mata pelajarannya, pasti selalu diperiksa dulu [siapa yang kemarin tidak ikut misa], [siapa yang tidak bawa Kitab Suci], [siapa yang belum kerja PR], dan [siapa yang kemarin tidak ikut Sekolah Minggu]. Jarang ada murid yang berani membohonginya. Soalnya, Ibu Dita pasti menanyakan kebenarannya pada pembina sekami, romo, dsb.. Nah, kalau ada murid yang tidak mengikuti apa yang disuruhnya itu, jangankan nilai tugas, nilai ujian pun akan dipotong 2 - 5 poin. 


# AKTIVITAS FAVORIT ANAK COWOK

  1. SEPAK BOLA - jangankan di lapangan, di dalam ruangan kelas pun banyak murid cowok yang bermain bola di dalam kelas. Karena itu sering kaca-kacanya pecah. Biasanya, sering dibuat turnamen sendiri. Turnamen tanpa hadiah dan sebagainya. 
  2. Kelereng - bulan-bulan tertentu telah disahkan sebagai musim kelereng bagi anak Ruteng V. Dari rumah, yang dibawa bukan hanya buku dan alat tulis, akan tetapi kelereng juga dibawa, bahkan dalam jumlah banyak. Waktu istirahat dipakai untuk DUEL. 
  3. Wayang - wayang yang satu ini bukan seperti wayang orang, wayang golek, dsb., akan tetapi wayang ini berupa kartu kecil bergambar tokoh kartun, artis, dsb.. Lagi-lagi, waktu istirahat dipakai untuk DUEL. Ada juga beberapa musim yang disahkan menjadi musim wayang. 


# AKTIVITAS FAVORIT ANAK CEWEK

  1. "Mangkal" di kantin - Kantin bagi kebanyakan murid cewek di Ruteng V, dijadikan sebagai tempat favorit di sekolah. Di kantin, biasanya ada murid-murid yang membantu ibu kantin untuk berjualan. 
  2. Bergosip-ria di kelas & lapangan - untuk gosip-gosip terbaru, tanyakan saja pada murid-murid cewek. 
  3. Perpustakaan - walaupun buku-buku di dalamnya tidak terlalu banyak, perpustakaan Ruteng V sering didatangi murid-murid. Selain membaca buku, murid-murid juga sering bercerita-cerita di perpustakaan. 


# AKSI-AKSI MENGISI WAKTU ISTIRAHAT
  1. Bermain (kelereng, wayang, karet, kejar-kejaran, sepak bola, tenis meja, dll.)
  2. "Mangkal" (perpustakaan, kantin, hall utama, lapangan, dll.)
  3. Ngobrol (lapangan, hall utama, kelas, dll.)
  4. Belanja (ke toko Wahab, Valentino, dsb.)
  5. Jajan (jajanan favorit :: bakwan, tahu, pentol, pilus, atom garuda, permen, kompiang, nasi kuning, mi, dll.)

Ini ceritaku, apa ceritamu ?


NB ::
wwuuuaaaahhhahahhaaaa..... PR-ku udah selesai ku kerjakan lhooo...... 
sekarang, saatnya temen-temen blogger harus mengerjakan PR yang sama 
[Ceritakan tentang pengalamanmu di SD] ! 
Bagi yang namanya disebutkan di bawah ini, WAJIB mengerjakannya yaa.....

16 komentar:

Nurmayanti Zain mengatakan...

wew =)) sok sekali kaito =)) cepet amaattt

wah wah wah

*padahal tadi katanya pas lahir langsung sma

hahahaha

Sitti Rasuna Wibawa mengatakan...

Jauh banget asalnya hehe.
Btw, SD baru 11 tahun yang lalu mulainya? Waaa masih muda dong :D :D

'Kaito' Pasca Driyarkara mengatakan...

@ Maya :: yaa iyyaaallaahh.... Kaito1412 gitu looohh.... :-P klu soal lahir lngsung SMA itu betul.... tapi stelah SMA, trus SD, baru SMP.... :-P

@ Sitti Rasuna Wibawa :: aahhiihhhiiihihii... iyaa mbak.... jauh..... tpi skrg udah d jogja ^_^ ... seneng sy dibilng masih muda.... wkwkwkwkwaa....

Sitti Rasuna Wibawa mengatakan...

Woww saya orang Jogja lohhh. Kuliah?

'Kaito' Pasca Driyarkara mengatakan...

@ Sitti Rasuna Wibawa :: haalllooo orang Jogjaa..... ^_^ xxiixixixiii..... iya .... sy kuliah d Sanata Dharma University..... mbaknya d mana ???

Sitti Rasuna Wibawa mengatakan...

Aku asli Jogja tapi tinggal di Jakarta.
Rumah nenekku di Timuran, Jalan Parangtritis. Tau ga? :D
Turu turu~

'Kaito' Pasca Driyarkara mengatakan...

hheheheeeheheee..... nggak tau mbak...... sy d Wirobrajan .... tau tidak ???

yudee mengatakan...

dapat Pr juga yah!!
kampungnya dekat pulau komodo rupanya...

Outbound Malang mengatakan...

berkunjung sob..salam kenal..sukses ngeblog-nya..:)

'Kaito' Pasca Driyarkara mengatakan...

@ Yudee :: iyaaa nniihhh...... suruhan dari bu guru Maya niii..... ^_^ BTW, kampungku itu gak dekat2 amat dgn komodo...... bisa sampai 7-8 jam perjalanan darat......

@ Outbond Malang :: okee.... thx atas kunjungannya.... salam blogger jg.... ^_^

Disabilitas dan Pandangan Masyarakat mengatakan...

saya sudah membaca dan memberikan komentar untuk tulisan dengan tema seperti ini untuk kesekian kalinya.
tulisan berantai memang bisa dijadikan sebagai viral marketing.

Elfira Zulisti mengatakan...

huahaha,, "korban" Bu Maya juga yaa,, ^_^

'Kaito' Pasca Driyarkara mengatakan...

@ Disabilitas dan Pandangan Masyarakat :: ssiippp... ssiippp...... bisa bantu naikin ranking jg kaan ??

@ Elfira Zulisti :: aahhiihhhihihihiii..... iyaa niihh..... kita sesama korban penindasan.....

Nurmayanti Zain mengatakan...

enak aja =)) kenapa kesannya aku kek penindas yang kejam :(

padahal aku kan bu guru yang manis, baik hati, lemah lembut dan suka menabung~

hahahahaha~

bu guru pergi dulu yaa, belajar yang rajin nak ^^

'Kaito' Pasca Driyarkara mengatakan...

lhhaaa.... yg bilang enak tu siapa to may..... lgipula, mana ada penindas yang ngaku2 kejam ??? semua penindas tuu ngakunya pasti {manis, baik hati, lemah lembu, dan suka menabung}..... #kesimpulannyaambilsendiri

Fikri Fauzan Hasan mengatakan...

Keren nih. Saya sering liat PR2 kayak gini di blog2 punya sahabat. Tp sayang, belum ada yg ngajak saya...
*pundung

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar di sini. Terima kasih.

Ayat Alkitab Hari Ini

 
1. A7X - Warmness In The Soul 2. D'Bagindas - Maafkan 3. Judika - Aku Yang Tersakiti 4. Agnes Monica - Rindu 5. Winda - Kutemukan Penggantinya 6. Cinta Kuya - Mimpi Terindah 7. Super Girlies - Aw Aw Aw 8. Kerispatih (versi Sammy) - Aku Harus Jujur 9. Radja - Seandainya 10. ST12 - Kepedihan Jiwa 11. Mr. Big - Just Take My Heart 12. O.M.S. - Curhat 13. Iniaku Band - Jangan Teteskan Air Mata 14. Vidi Aldiano - Lagu Kita 15. Toni Braxton - Unbreak My Heart 16. Princess - Jangan Pergi 17. OVJ - Kite Lagi 18. Mulan Jameela - Aku Cinta Kau dan Dia 19. Lyla - Detik Terakhir 20. Pasca Driyarkara - Just Enjoy It