Subscribe:

Sabtu, 26 November 2011

INTERNET - Sejarah dan Perkembangannya

I  N  T  E  R  N  E  T

Pengertian
Secara harfiah, Internet (Interconnection Networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet.

Sejarah dan Perkembangan Internet
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Dalam proyek ini, mereka mencoba melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX. Proyek ini menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol).

Pada awalnya, ARPANET dibuat untuk keperluan militer. Pada saat itu, Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan menghindari terjadinya informasi terpusat. Pada mulanya, ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja. Proyek ini terus berkembang pesat di seluruh dunia sehingga membuat mereka kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu, ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu MILNET (untuk keperluan militer) dan ARPANET (baru; yang lebih kecil, untuk keperluan non-militer). Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet yang kemudian disederhanakan menjadi INTERNET.


Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan tahun 1971 untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan 'at' atau 'pada'. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. 


Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan ARPANET. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex. 


Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang tergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981, France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telepon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelepon sambil berhubungan dengan video link. 


Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP) yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan EUNET, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia. Jaringan EUNET menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET


Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10000 lebih. 


Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajahi antara satu komputer dengan komputer lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut WWW (World Wide Web). 


Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan pada tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Pada tahun yang sama, Yahoo! didirikan, yang sekaligus merupakan kelahiran Netscape Navigator 1.0.

Pengaruh Perkembangan Internet

Internet telah membuat revolusi baru dalam dunia komputer dan dunia komunikasi yang tidak pernah diduga sebelumnya. Beberapa penemuan telegram, telepon, radio, dan komputer merupakan rangkaian kerja ilmiah yang menuntun menuju terciptanya internet yang lebih terintegrasi dan lebih berkemampuan dari alat-alat tersebut. Internet memiliki kemampuan penyiaran ke seluruh dunia, memiliki mekanisme pertukaran informasi, dan sebagai media untuk berkolaborasi dan berinteraksi antara individu dengan komputernya tanpa dibatasi oleh kondisi geografis. 
Perkembangan internet dapat dibagi dalam empat aspek yakni sebagai berikut. 
  1. Adanya aspek evolusi teknologi yang dimulai dari riset packet switching (paket pensaklaran) ARPANET (berikut teknologi perlengkapannya) yang pada saat itu dilakukan riset lanjutan untuk mengembangkan wawasan terhadap infrastruktur komunikasi data yang meliputi beberapa dimensi seperti skala, performance/kehandalan, dan kefungsian tingkat tinggi. 
  2. Adanya aspek pelaksanaan dan pengelolaan sebuah infrastruktur yang global dan kompleks. 
  3. Adanya aspek sosial yang dihasilkan dalam sebuah komunitas masyarakat besar yang terdiri dari para internauts yang bekerjasama membuat dan mengembangkan terus teknologi ini. 
  4. Adanya aspek komersial yang dihasilkan dalam sebuah perubahan ekstrim namun efektif dari sebuah penelitian yang mengakibatkan terbentuknya sebuah infrastruktur informasi yang besar dan berguna. Internet sekarang sudah merupakan sebuah infrastruktur informasi global, yang disebut "The National (/Global /Galactic) Information Infrastructure" di Amerika Serikat. Sejarahnya sangat kompleks dan mencakup banyak aspek seperti teknologi, organisasi, dan komunitas. Pengaruhnya tidak hanya terhadap bidang teknik komunikasi komputer saja tetapi juga berpengaruh kepada masalah sosial seperti yang sekarang kita lakukan yaitu kita banyak mempergunakan alat-alat bantu online untuk mencapai sebuah bisnis elektronik, kepemilikan informasi, dan berinteraksi dengan masyarakat. 
Budaya Internet
Jumlah pengguna internet yang semakin berkembang telah mewujudkan Budaya Internet. Internet mempunyai pengaruh besar atas ilmu dan pandangan dunia. Pengguna di seluruh dunia mempunyai akses internet yang mudah atas bermacam-macam informasi dengan hanya bermodalkan mesin pencarian seperti Google. Perkembangan Internet juga mempengaruhi perkembangan ekonomi dengan memudahkan transaksi jual beli, yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka, pos, atau telepon. Terkait dengan pemerintahan, Internet memicu tumbuhnya transparansi dalam pelaksanaan pemerintahan.
Dalam pelaksanaannya, Internet mempunyai tata tertib tertentu yang dikenal dengan nama Nettiquette (netiket). Netiket adalah etika-etika dalam penggunaan Internet. Internet sebagai sebuah perkumpulan komunitas, membutuhkan adanya acuan-acuan tertentu, dimana acuan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam menggunakan internet. Tata tertib internet di Indonesia dimuat juga dalam UU ITE. 

2 komentar:

Nurmayanti Zain mengatakan...

nice~

belajar.. belajar..

Herry mengatakan...

trus di Indonesia tahun berapa pertama kali komputer mulai digunakan?

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar di sini. Terima kasih.

Ayat Alkitab Hari Ini

 
1. A7X - Warmness In The Soul 2. D'Bagindas - Maafkan 3. Judika - Aku Yang Tersakiti 4. Agnes Monica - Rindu 5. Winda - Kutemukan Penggantinya 6. Cinta Kuya - Mimpi Terindah 7. Super Girlies - Aw Aw Aw 8. Kerispatih (versi Sammy) - Aku Harus Jujur 9. Radja - Seandainya 10. ST12 - Kepedihan Jiwa 11. Mr. Big - Just Take My Heart 12. O.M.S. - Curhat 13. Iniaku Band - Jangan Teteskan Air Mata 14. Vidi Aldiano - Lagu Kita 15. Toni Braxton - Unbreak My Heart 16. Princess - Jangan Pergi 17. OVJ - Kite Lagi 18. Mulan Jameela - Aku Cinta Kau dan Dia 19. Lyla - Detik Terakhir 20. Pasca Driyarkara - Just Enjoy It