Subscribe:

Jumat, 15 April 2011

PEMBAHASAN DUNIA SISTEM INFORMATIKA (Teknik Informatika/ Ilmu Komputer, Teknik Komputer/ Sistem Komputer, Sistem Informasi, dan Manajemen Informasi)

Menjelang UN, banyak murid SMA (termasuk saya) yang sudah mulai mencari-cari informasi tentang fakultas & jurusan yang akan diambilnya. Sebagian besar murid SMA, memilih untuk mengikuti tes kedokteran, teknik sipil, dan TEKNIK INFORMATIKA (dari berbagai sumber). Nah, saya juga kan salah satu di antaranya. Kebetulan saya memilih TEKNIK INFORMATIKA. Maka dari itu sekarang saya membahas sedikit mengenai Dunia Sistem Informatika, yang saya copy dari berbagai sumber.
 
PERBEDAAN SISTEM INFORMASI DAN TEKNIK INFORMATIKA DENGAN JURUSAN LAINNYA 
(http://aozhora.blogspot.com/)

Terkadang ada pertanyaan seperti ini bagi orang-orang yang baru mengenal komputer dan mau mengambil jurusan kuliah tentang teknologi informasi :
Apakah Sistem Informasi dan Teknik Informatika itu sama?Apakah Sistem Informasi berbeda dengan jurusan yang berbasis komputer yang lain?
Yup. Jelas berbeda. Mungkin beberapa dari kita beranggapan bahwa jurusan Sistem Informasi tidak berbeda jauh dengan jurusan lain seperti Teknik Informatika. Padahal memang sangat jauh berbeda. Mungkin dengan sedikit penjabaran, kita bisa tahu apa bedanya Jurusan Sistem Informasi dengan jurusan lain.


Di Indonesia sendiri hanya ada tiga jurusan saja yang mempelajari kurikulum tentang komputer, yaitu :
1. Computer Science untuk jurusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer.
2. Computer Engineering untuk jurusan Sistem Komputer atau Teknik Komputer bahkan dalam jurusan teknik elektro kita bisa mendapatkan prodi CE.
3. Information System untuk Sistem Informasi atau Manajemen Informatik
Terkadang banyak orang yang bingung membedakan jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi dan banyak juga orang-orang yang beranggapan bahwa kedua jurusan ini sama. Padahal jelas-jelas kedua jurusan ini sangat berbeda.
Penjabarannya sebagai berikut:


Information Systems (SI)
Jurusan ini mempelajari tentang bagaimana membangun dan menerapkan teknologi informasi dengan proses bisnis yang ada saat ini, sehingga suatu bisnis akan dapat dengan efektif mencapai tujuannya dengan menerapkan IT dalam bisnis.


Computer Science (Tek.informatika/TC)
Jurusan ini mempelajari tentang bagaimana mengembangkan computer vision, robotica, intelligence system, dan hal-hal lainnya yang terkait dengan pengembangan komputer di masa yang akan datang.


Jelas kedua jurusan ini sangat berbeda dimana SI mempelajari tentang management IT dan TC mempelajari tentang pengembangan komputer. Tapi yang jelas setiap jurusan memiliki batasan ruang keahlian.


DUNIA INFORMATIKA
(http://bayuuaddi.blogspot.com/)

Pertama, Jurusan Ilmu Komputer itu adalah jurusan yang mempelajari segala hal yang berkaitan dengan komputer, baik dari segi Hardware maupun softwarenya.Bagi yang berminat di bidang Hardware lebih baik mengambil jurusan teknik komputer, sedangkan bagi yang lebih berminat pada bidang software dapat memperdalam di jurusan Teknik Informatika.

Ilmu komputer secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisa abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, termasuk perangkat keras. Sebagai suatu disiplin ilmu, Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak (software), sementara teknik komputer lebih cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware). Namun demikian, kedua istilah tersebut sering disalah-artikan oleh banyak orang.


Prospek / Lapangan kerja bagi lulusan Ilmu Komputer:
Sarjana Ilmu Komputer sering dibutuhkan hampir di semua perusahaan karena pada saat ini tidak terlepas dari peranan komputer.


Teknik Informatika adalah jurusan yang mempelajari bagaimana logika-logika matematika yang digunakan pada sistem informasi. Perancangan desain informasi, pembuatan software, web design, dll merupakan hal yang menjadi bidang garap jurusan ini Kemampuan di bidang matematika akan sangat diperlukan dalam mendalami bidang informatika.


Prospek / Lapangan kerja bagi lulusan Teknik Informatika:
Berbagai perusahaan yang berkaitan dengan informasi dan komunikasi sangat membutuhkan jurusan ini, seperti PT Telkom, Indosat dan dapat bekerja mandiri sebagai programming, perancang web dll.


Sistem Informasi adalah jurusan yang pada dasarnya masih berkaitan dengan informatika. Bisa dikatakan bahwa sistem informasi merupakan salah satu aplikasi dari Teknik Informatika.


Sistem Informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi yaitu: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data. Sistem Informasi Manajemen adalah kunci dari bidang yang menekankan finansial dan personal manajemen. 'Sistem Informasi' dapat berupa gabungan dari beberapa elemen teknologi berbasis komputer yang saling berinteraksi dan bekerja sama berdasarkan suatu prosedur kerja (aturan kerja) yang telah ditetapkan, dimana memproses dan mengolah data menjadi suatu bentuk informasi yang dapat digunakan dalam mendukung keputusan.


Prospek / Lapangan kerja bagi lulusan Sistem Informasi:
Berbagai perusahaan seluler, Stasiun Televisi, Departemen Perhubungan, Departemen Tenaga Kerja dan kantor-kantor lain yang banyak menggunakan database sebagai acuan.


Berbeda dengan jurusan – jurusan komputer lainnya, Sistem Informasi merupakan jurusan yang terbilang baru dibandingkan dengan jurusan Teknik Informatika ataupun jurusan – jurusan komputer lainnya yang ada di Indonesia. Sebagian besar para pelajar yang melanjutkan di jurusan Sistem Informasi awalnya hanya sekedar pilih jurusan tersebut tanpa tahu tentang Sistem informasi itu sendiri dan sebagian lainnya pilihan kedua dari jurusan yang mereka pilih waktu SNMPTN. Namun jangan khawatir, Jurusan Sistem informasi memiliki prospek yang lebih cerah dibandingkan dengan jurusan-jurusan komputer lainya. Kini hampir setiap perusahan – perusahan membutuhakan suatu sistem informasi untuk mengatur kegiatan bisnis mereka agar dapat bersaing di pangsa bisnis global. Untuk lebih pahamnya kita dapat analogikan Sistem Informasi dengan jurusan – jurusan komputer lainnya sebagai sebuah komponen teknologi komputer. Tekinik informatika dan jurusan – jurusan komputer lainnya ibarat sebuah hardware, software, data, dan jaringan. Maka sistem informasi adalah brainwarenya, sistem infomasi merupakan pengendali dari semua komponen – komponen tersebut yang membentuk suatu sistem dimana berfungsi untuk memasukan, menyimpan, mengelola, dan menyampaikan informasi untuk menghasilkan suatu pendukung keputusan. Jadi, Sistem Informasi menghasilkan manajer – manajer di bidang Teknologi Informasi (TI / IT) yang bertugas untuk mengkoordinasikan suatu sistem di perusahan..Namun, tidak hanya sekedar mencetak manajer – manajer perusahaan, Sistem Informasi sangatlah luas dalam bursa persaingan kerja di bidang teknologi – teknologi komputer lainnya. Jadi, buat anda yang ingin melanjutkan kuliah di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya komputer,kini jangan ragu bergabunglah dengan keluarga besar Sistem Informasi, pastikan Anda menjadi salah satu bagian dari Sistem Informasi yang terdepan.


Programmer
Baik sebagai system programmer atau application developer, sarjana IF sangat dibutuhkan di berbagai bidang, misalnya bidang perbankan, telekomunikasi, industri IT, media, instansi pemerintah, dsb.
Software Engineer / Web engineer
Berperan dalam pengembangan perangkat lunak untuk berbagai keperluan. Misalnya perangkat lunak untuk pendidikan, telekomunikasi, bisnis, hiburan, dan sebagainya.
System analyst dan system integrator
Berperan dalam melakukan analisis terhadap sistem dalam suatu instansi atau perusahaan dan membuat solusi yang integratif dengan memanfaatkan perangkat lunak.
Konsultan IT
Database Engineer / Database Administrator
Berperan dalam perancangan dan pemeliharaan basis data suatu instansi atau perusahaan.
Web Engineer / Web Administrator
Bertugas merancang dan membangun website beserta berbagai layanan dan fasilitas yang berjalan di atasnya. Ia juga bertugas melakukan maintenance untuk website tersebut dan mengembangkannya.
Computer network / Data Communication Engineer
Bertugas merancang aristektur jaringan, serta melakukan perawatan dan pengelolaan jaringan dalam suatu instansi atau perusahaan.


Selain bidang-bidang profesional di atas, sarjana IF juga dapat bekerja di bidang lainnya. Misalnya di bidang pendidikan atau dalam bidang keilmuan dengan menjadi peneliti di lembaga-lembaga penelitian seperti di LIPI, BPPT, dan Badan Penelitian dan Pengembangan di perusahaan.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

thx ats infox gan . . .

Pasca Driyarkara mengatakan...

@Anonim:thx jg ats knjunganx di TargetbloG . . .

aby rahman maulana mengatakan...

sungguh post ini sangat membantu saya yang kurang faham dengan ilmu informatika,,,
tapi saat ini saya sangat tidak pintar mengenai matematika apakah saya masih bisa bersemangat dengan tujuan dan jurusan saya.......................

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar di sini. Terima kasih.

Ayat Alkitab Hari Ini

 
1. A7X - Warmness In The Soul 2. D'Bagindas - Maafkan 3. Judika - Aku Yang Tersakiti 4. Agnes Monica - Rindu 5. Winda - Kutemukan Penggantinya 6. Cinta Kuya - Mimpi Terindah 7. Super Girlies - Aw Aw Aw 8. Kerispatih (versi Sammy) - Aku Harus Jujur 9. Radja - Seandainya 10. ST12 - Kepedihan Jiwa 11. Mr. Big - Just Take My Heart 12. O.M.S. - Curhat 13. Iniaku Band - Jangan Teteskan Air Mata 14. Vidi Aldiano - Lagu Kita 15. Toni Braxton - Unbreak My Heart 16. Princess - Jangan Pergi 17. OVJ - Kite Lagi 18. Mulan Jameela - Aku Cinta Kau dan Dia 19. Lyla - Detik Terakhir 20. Pasca Driyarkara - Just Enjoy It