Subscribe:

Selasa, 25 Januari 2011

Pemerintah mata-matai facebook warga lewat sensor

Detik.com


Jakarta - Pemerintah otoriter di Tunisia ternyata sempat menyusupi Facebook dengan kode jahat agar bisa memata-matai warganya. Gmail dan Yahoo juga jadi sasaran. Pemerintahan Ben Ali, Presiden Tunisia yang kini telah terguling, mulai menerapkan aksi itu pada Desember 2010. Ini kurang lebih bertepatan dengan makin ramainya desakan untuk melengserkan Ben Ali. 


Danny O'Brien, dari Committee to Protect Journalists, mengungkap aksi itu seperti dikutip detikINET dari TheRegister, Selasa (25/1/2011). 

Kode jahat yang digunakan pemerintah Tunisia berupa JavaScript khusus yang disebar untuk setiap situs yang diinginkan, mulai dari Facebook, Gmail dan Yahoo. 

Kode ini akan berusaha mencatat password pengguna di setiap situs tersebut. Kode jahat ini bisa disusupkan berkat sistem sensor internet yang telah diterapkan di Tunisia. 

Akibat terungkapnya aksi mata-mata ini, beberapa aktivis anti pemerintahan Ben Ali telah meninggalkan Facebook. Hal ini misalnya dilakukan oleh kelompok bernama Takriz. 

O'Brien mengatakan, aksi ini dimanfaatkan pemerintah Tunisia untuk menghapus Groups, Pages dan account di Facebook. Termasuk account milik wartawan setempat. 

Facebook dikabarkan sudah mengetahui ada aksi ini pada akhir 2010. Pada awal Januari 2011, tim Facebook memperkirakan seluruh data password milik pengguna Facebook di seluruh Tunisia sedang disimpan dan dicuri oleh pemerintah setempat.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar di sini. Terima kasih.

Ayat Alkitab Hari Ini

 
1. A7X - Warmness In The Soul 2. D'Bagindas - Maafkan 3. Judika - Aku Yang Tersakiti 4. Agnes Monica - Rindu 5. Winda - Kutemukan Penggantinya 6. Cinta Kuya - Mimpi Terindah 7. Super Girlies - Aw Aw Aw 8. Kerispatih (versi Sammy) - Aku Harus Jujur 9. Radja - Seandainya 10. ST12 - Kepedihan Jiwa 11. Mr. Big - Just Take My Heart 12. O.M.S. - Curhat 13. Iniaku Band - Jangan Teteskan Air Mata 14. Vidi Aldiano - Lagu Kita 15. Toni Braxton - Unbreak My Heart 16. Princess - Jangan Pergi 17. OVJ - Kite Lagi 18. Mulan Jameela - Aku Cinta Kau dan Dia 19. Lyla - Detik Terakhir 20. Pasca Driyarkara - Just Enjoy It